Lazismu Antarkan Pasien Miskin Ini Cuci Darah ke Rumah Sakit

Lazismulumajang.org mengantarkan pasien penderita gagal ginjal untuk cuci darah ke RS Haryoto, Jumat (1/3/2019). Pasien itu Yanik (45), seorang janda miskin warga Dusun Iburaja Desa Kaliuling Kec. Tempursari.

Yanik sudah 1,5 tahun menderita gagal ginjal. Dia harus cuci darah sepekan dua kali ke RS Haryoto di Kota Lumajang. ”Tapi sering terlambat cuci darah akibatnya badannya lemah dan harus opname ke rumah sakit,” kata Yuliani (39), saudaranya.

Menurut dia, Yanik sering terlambat ke RS karena tidak ada biaya perjalanan. ”Meskipun cuci darah ditanggung BPJS tapi datang ke rumah sakit sepekan dua kali itu butuh biaya,” sambungnya.

Jarak dusunnya dengan kota sekitar tiga jam perjalanan naik mobil. Padahal Yanik hidupnya sekarang menumpang ke saudaranya. Dengan sakitnya ini dia tak bisa bekerja. Tetangganya bernama Sa’roni yang memintakan bantuan ke Lazismu.

Kepala Kantor Lazismu Lumajang Drs Muari langsung merespon masalah ini. Sudah menghubungi rumah sakit untuk membuat jadwal cuci darah setiap Selasa dan Jumat. ”Lazismu menyediakan kendaraan dan bantuan biaya hidup,” katanya. (Kus)

https://pwmu.co/

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.