fbpx

Terima Kasih Kepada Para Pequrban Yang Telah Berqurban Untuk Kuatkan Ketahanan Pangan Melalui Lazismu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laailahailallahu Allahu Akbar, Allahu Akbar Walillahil hamdu.. Saat ini ummat Islam i Indonesia merayakan Hari Raya Idul Adha dan menunaikan ibadah Qurban tahun 1442 Hijriyah.

Sebagaimana tahun lalu, ibadah qurban pada tahun ini masih diliputi suasana kelam merebaknya kembali pandemi Covid-19 yang merenggut ribuan jiwa di tanah air, terutama di pulau Jawa. Oleh karena itu pengetatan dan penyekatan kembali diberlakukan oleh Pemerintah. Tidak lain tujuannya untuk mengurangi hal-hal yang membahayakan jiwa.

Termasuk dalam merayakan Hari Raya Idul Adha dan menunaikan ibadah Qurban, ummat Islam kembali melaksanakan prosedur dan protokol kesehatan yang sangat ketat. Berqurban, menyembelih hewan ternak diwajibkan melalui Rumah Potong Hewan (RPH) yang telah disediakan oleh Pemerintah.

Dalam hal ini berqurban melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) adalah pilihan yang sangat tepat. Karena hewan ternak qurban dipotong dan dagingnya diolah menjadi makanan siap santap dalam kemasan kaleng yang bisa tahan lama. Program ini sangat mendukung agenda penguatan ketahanan pangan di tanah air.

Imam Fauzi, Penanggung Jawab Program Qurban Kemasan Lazismu Jatim, ketika ditemui di Gedung Muhammadiyah Jatim di Surabaya (19/07/21), mengatakan bahwa perolehan nilai Qurban Kemasan Lazismu tahun 1442 H/2021 M ini mencapai Rp 9,3 Miliar. Dari nilai itu sebanyak Rp 6 Miliar merupakan perolehan Lazismu Daerah beserta kantor layanan dan jaringan AUM/RSM-A/PTM se-Jatim. Sebanyak Rp 3,3 Miliar dari Lazismu Pusat dan beberapa Lazismu Wilayah dan Daerah di tanah air.

Nilai itu menurut Imam Fauzi hanya untuk Qurban yang diolah secara Kemasan dan belum termasuk Qurban yang disembelih secara konvensional atau sebagaimana biasa. Imam menilai ada peningkatan dari Qurban Kemasan tahun kemarin, dari Rp 8 Miliar ke Rp 9,3 Miliar tahun ini.

“Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para pequrban yang telah mengamanahkan Qurbannya melalui Lazismu. Insya Allah kami proses sesuai dengan prosedur kesehatan dan syariat. Hak bagi pequrban sebesar 30 persen dari produk jadi Qurban kemasan, baik Rendangmu atau Kornetmu dalam kaleng, akan kami kirimkan setelah proses rampung” jelas Imam.

“Sedangkan untuk pendistribusian hasil Qurban kepada sasaran penerima akan dilaksanakan sesuai dengan kegiatan aksi sosial kemanusiaan Lazismu di seluruh tanah air, khususnya di kawasan 3-T dan rawan bencana alam” kata Imam Fauzi. (Ad)

Leave a Replay